Senin, 18 Agustus 2008

Mimpi Kereta Api ??



Provinsi Kalimantan Tengah adalah salah satu Provinsi yang mempunyai wilayah terluas di Indonesia dengan luas lebih kurang 15.600.000 Ha. Kalteng berada tepat ditengah-tengah pulau Kalimantan atau lebih dikenal dengan Borneo, wilayah utara kalteng merupakan wilayah yang diakui dunia sebagai "hard of borneo" oleh karena itu pemerintah daerah berkewajiban untuk melindungi dan menjaga jantung kalimantan ini dari kerusakan lingkungan.

Salah satu potensi alam yang dimiliki Kalteng ialah bahan galian baik itu batubara, emas, tembaga, perak, mangan, zircon, pasir kwarsa, intan, titanium, bijih besi, gas, bahkan potensi uranium pun diidentifikasi terdapat di Provinsi ini. Oleh karena itu tingginya minat asing dan domestik untuk menanamkan investasinya di provinsi ini sangatlah tinggi, terbukti pada kurun waktu 2003 - 2008 tercatat di Kalimantan Tengah terdapat 22 Kontrak Karya, 15 PKP2B dan 454 KP, belum lagi ditambah Wilayah Pertambangan Rakyat atau disingkat WPR yang berjumlah 104 buah. Ini diharapkan pemerintah Kalteng menjadi motor penggerak ekonomi provinsi ini.

Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan jika dilihat potensi bahan galian ini terdapat didaerah hulu-hulu sungai di Kalteng, kendala yang banyak dihadapi oleh investor terutama bidang pertambangan adalah minimnya infrastruktur di daerah lokasi potensi bahan galian tersebut. Ini membuat para investor berpikir 2 kali untuk berinvestasi, jika tidak punya modal yang kuat atau modal hanya pas-pasan menurut saya lebih baik mundur saja.

Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang,SH merupakan salah satu sosok yang saya anggap mampu mewujudkan mimpi Kalteng saat ini yaitu kemajuan infrastruktur. Terbukti pada era kepemimpinan beliau salah satu target yang harus dicapai adalah terhubungnya ruas jalan Palangkaraya - Buntok. Jalan ini merupakan penghubung wilayah tengah dengan wilayah timur Kalteng yang terisolir dari pusat pemerintahan di Palangkaraya. Pada akhir tahun 2009 diharapkan ruas jalan ini berfungsi total.
Salah satu yang ingin diwujudkan beliau adalah infrastruktur Kereta Api, dalam beberapa kesempatan beliau selalu menegaskan bahwa Kereta Api bukan mimpi Kalteng tapi sesuatu yang Real dan harus diwujudkan walaupun itu menelan biaya yang tidak sedikit. Pada saat ini rel Kereta Api sudah memasuki babak studi kelayakan yang dilakukan oleh pemerintah Jepang dengan biaya sendiri, yang menjadi pikiran sekarang adalah biaya untuk konstruksi dan pembanguanan rel. Oleh karena itu diharapkan kerjasama Pemerintah Pusat, PemProv, PemKab dan Pihak Perusahaan dapat besama-sama mewujudkan mimpi Kalteng ini. Bukan tidak mungkin dengan deposit ratusan juta metrik ton dan kualitas batubara terbaik di asia atau mungkin didunia mampu menarik investor dan dunia usaha untuk mewujudkan mimpi kereta api ini!!?
..........:):)
diatas adalah peta rencana rel kerata api tahap 1 merupakan lampiran surat Gubernur Provinsi Kalteng ke Pemerintah Pusat:)kebetulan saya yang diminta buatin :), semoga bermanfaat bagi kita semua yang bersama-sama melihat kemajuan provinsi yang kita cintai ini.
Maju terus Kalteng, ISEN MULANG!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar